Mengenal Berbagai Gejala Darah Tinggi Yang Perlu Diwaspadai

Gejala darah tinggi pada umumnya bisa dialami oleh siapa saja. Baik itu wanita, pria, tua bahkan muda puda pun disebut-sebut bisa mengalaminya. Namun akibat pengetahuan yang masih minim di masyarakat mengenai pengenai penyakit ini, akhirnya kondisi ini cukup terlambat untuk diatasi hingga menyebabkan berbagai komplikasi bahkan mampu merenggut jiwa penderitanya. Maka dari itu, salah satu hal untuk mengantisipasi hal tersebut Anda perlu mengetahui berbagai ciri-ciri dari penyakit ini, yang mana bisa Anda simak dalam ulasan singkat berikut.


Darah tinggi atau didalam istilah medis dikenal dengan nama hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 mililiter merkuri (mmHG). Angka 140 MMHG merujuk untuk bacaan sistolik, dimana jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan angka 90 mmHG mengacu pada bacaan diastolik, dimana jantung berada pada keadaan rileks sembari mengisi ulahg bili-biliknya dengan darah. Adapun untuk tekanan darah normal sendiri berkisar antara 120/80 mmHG.

Penyebab tekanan darah tinggi belum diketahui secara resmi. Namun terdapat beberapa faktor yang diduga kuat menjadi pemicu kondisi ini. Diantaranya adalah faktor genetik atau keturunan, pola makanan yang kurang tepat, pola hidup yang buruk, kelebihan berat badan atau obesitas, faktor usia dan banyak lagi yang lainnya.

Tekanan darah tinggi juga sering kali disebut menjadi salah satu 'pembunuh diam-diam' dalam tubuh manusia. Hal tersebut lantaran masalah kesehatan ini bisa menyebabkan penyakit serius seperti halnya serangan jantung maupun stroke, bahkan tanpa gejalanya. Masalah ini sendiri disebut-sebut cenderung lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria. Adapun lebih mewaspadai kondisi ini pertama yang harus Anda lalakukan ialah mengetahui berbagai tanda dan gejala dari kondisi ini.

Tanda dan gejala darah tinggi yang perlu Anda waspadai

Berikut adalah berbagai tanda-tanda-tanda darah tinggi atau hipertensi yang perlu Anda waspadai:
  • Tekanan darah mencapai lebih dari 130/80 mmHG

Pada dasarnya tekanan darah akan berubah secara terus menertus menyesuaikan dengan aktivitas, hidrasi, tidur dan juga faktor lainnya. pilihlah saat tenang  dan hidrasi yang baik untuk mengambil tekanan darah dan ulangi tes secara mingguan atau bulanan dengan cara yang sama.Apabila Anda mendapatkan tiga kali angka diatas 130/80 mmHG, maka sebaiknya periksakan ke dokter.
  • Tidak fokus dan sakit kepala

Orang yang memiliki tekanan darah tinggi juga mungkin akan mengalami sakit kpala ringan bahkan kronis sehingga menyebabkan sulit untuk berkonsentrasi. Menurut spalaver, gejala ini tidak akan terlihat hingga tekanan darah Anda benar-benar tinggi. Apabila Anda mengalami sakit kepala yang tidak berhenti baik disertai atau tidak dengan mimisan, maka mungkin Anda tengah mengalami 'krisis hipertensi dan harus segera dibawa ke UGD.
  • Perut kembung dan sulit kencing

Gejala arah tinggi lainnya juga yang umumnya sering kali dialami oleh penderita tekanan darah tinggi adalah kembung dan sulit kncing. Hal tersebut lantaran penyakit ini juga sering diakaitkan dengan diabetes dan penyakit ginjal.  Untuk itu, sering-seringlah memperhatikan kebiasaan buang air kecil Anda dan catat juga apabila Ada sesuatu yang tidak lazim.
  • Penglihatan buram atau kabur

Tekanan darah tinggi juga bisa mempengaruhi pembuluh darah di mata dan menyebabkan syaraf mata disekitarnya menjadi terganggu. Hal ini bisa terlihat dengan pemeriksaan secara rutin. Apabila Anda mengalami penglihatan yang buram ataupun terjadi perubahan penglihatan secara tiba-tiba, maka pergilah untuk segera memeriksakannya ke dokter.
  • Pusing dan hilang kesimbangan

Pusing secara tiba-tiba hingga menyebabkan hilangnya keseimbangan secara tiba-tiba bisa jadi peringatan dini adanya gejala stroke yang mana disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Namun, apabila pusing terkaut dengan berdiri maupun nonton film 3D dan segera berlalu, maka tidak ada yang perlu di khawatirkan. Hanya saja apabila terus berlanjut, maka hal ini tidak bolesh diabaikan dan segeralah periksakan ke dokter.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi gejala hipertensi yang kemungkinan dialami oleh penderitanya. Diantranya seperti mimisan, kesemutanpada wajah, kaki dan tangan, kelelahan, telinga berdenging, mudah lelah, nyeri dada, kebingungan, detak jantung tidak teratur, terdapat darah dalam urin, mudah marah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mengenal Berbagai Gejala Darah Tinggi Yang Perlu Diwaspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar